Gigi Susu Perlu Ditambal

Gigi susu perlu ditambal?

“Mama, gigiku sakit .…”

Terkadang mommies baru menyadari bahwa ternyata sudah ada lubang yang terbentuk pada gigi anak kita. Setelah dilihat, ternyata lubangnya sudah cukup dalam. Jangan menganggap dunia seakan sudah runtuh. Masih bisa diperbaiki moms, tentu saja dengan merawatnya, yaitu dengan menambal gigi tersebut.

Karies gigi atau lubang gigi terbentuk akibat zat asam yang dihasilkan dari sisa makanan yang melekat dipermukaan gigi, kemudaian menjadi satu dengan kuman dan air liur sehingga terbentuk lapisan PLAK. Kuman dalam plak dapat menghasilkan zat asam yang akan melarutkan mineral- mineral gigi. Terbayang dengan deskripsi sebuat telur yang direndam dalam larutan cuka, dalam hitungan menit saja, warna coklat telur sudah pudar sedikit demi sedikit, dan apabila ditunggu lebih lama lagi, kulit keras telur akan berubah menjadi lunak.

Begitu pula dengan gigi kita, zat asam yang terbentuk dari kuman dalam plak akan melarutkan mineral- mineral gigi kita. Setelah mineralnya larut, gigi akan rapuh dan mudah berlubang.

Lapisan gigi yang pertama kali terkena karies gigi ini tentu saja lapisan yang paling luar, yaitu email. Anak kita belum mengeluh apabila perjalanan kariesnya baru sampai pada email, sehingga kadang kita juga tidak tahu bahwa gigi anak kita sudah berlubang. Apabila moms tidak menambal lubangnya, maka lubang gigi akan lebih dalam lagi mengenai lapisan dentin. Apabila perjalanan karies sudah sampai dilapisan dentin, anak akan mengeluh ngilu/ bahasa anaknya “sakit” apabila minum dingin atau makan makanan yang merangsang. Dan lebih parahnya lagi, apabila tidak cepat ditambal, karies akan menjalar terus sampailah pada pulpa, pusat kehidupan gigi. Ini akan sakit sekali, dan bisa dibayangkan anak akan menjadi malas makan.

Solusi dari karies gigi ini adalah dengan cara ditambal. Banyak moms mengira bahwa “masih gigi susu” tidak perlu ditambal apabila terdapat lubang gigi, “Toh masih ada gantinya kan?”. Ini adalah pernyataan yang salah sekali. Apabila moms tidak menambal gigi lubang tersebut, berarti moms membiarkan kuman tetap berada digigi anak kita dan terus akan mengerogoti gigi anak kita sampai habis. Selain itu anak juga akan sulit makan, nah repot kan kalau anak kita jadi susah makan.

Bahan tambalpun ada berbagai  macam, tetapi untuk anak- anak akan lebih baik menggunakan bahan tambal Glass Ionomer Cement, yaitu semen gigi yang dapat mengeluarkan fluor secara terus menerus.

Tetapi tidak tertutup kemungkinan apabila digunakan bahan tambal sinar/ Composite untuk efek yang lebih kuat dan estetis yang lebih baik.

- drg. Ivonne Teguh Sentosa


12 Comments - Write a Comment

Post Comment