The Juicy Truth

Idealnya, kita membuat jus buah segar sendiri untuk dikonsumsi anak-anak kita. Namun seringkali, karena keterbatasan waktu, kita memilih untuk memberikan jus buah yang dibeli dari supermarket.

Kebingungan biasanya melanda ketika berada di depan deretan botol dan kotak berbagai macam jus yang ada di supermarket. Mana yang paling aman dan sehat? Berikut beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu:

  • Biasakan untuk membaca label. Hanya beli jus kotak atau botol yang bertanda “100% fruit juice”.
  • Hati-hati dengan produk jus yang bertuliskan “drink”, “punch” atau “cocktail”. Karena biasanya produk-produk ini hanya mengandung sedikit jus buah, dan sisanya adalah air, gula, penambah rasa dan additives lainnya.
  • Baca daftar kandungan / ingredients. Hindari produk yang menambahkan fructose corn syrup karena minuman seperti bisa membuat anak-anak jadi terbiasa dengan rasa manis.
  • Orange, apple, mangoes? Go with orange juice. Jus jeruk mengandung vitamin C yang tinggi dan juga mengandung potassium, asam folat dan thiamin. Dibandingkan dengan jus buah lainnya, jus jeruk mempunyai kandungan Vitamin A, B, C serta kalsium dan zat besi yang paling tinggi.
  • Sekitar 118 mililiter jus buah 100% sama dengan 1 porsi buah potong. Namun, jus tidak mempunyai kandungan serat sebanyak buah-buahan potong sehingga sebaiknya anak-anak tetap diberi buah sebagai camilan.

Source: askdrsears.com, mayoclinic.com


10 Comments - Write a Comment

  1. bisa coba ganti jeruk ke strawberry buat manfaat yang lebih banyak,, strawberry lebih tinggi kandungan vitamin c nya dari jeruk, ada vitamin e, seratnya tinggi, memperlancar pencernaan, dan biasanya anak2 suka strawberry,,, bagus juga buat anti aging dan diet mamanya,,

  2. missmarshmallow
    Yes, benar sekali! Thanks untuk tambahan infonya. Tapi sayangnya jus kotak yg biasa kita temukan di supermarket jarang ada yg strawberry, adanya yg fresh kayak mama roz gitu, dan gak begitu tahan lama. Walaupun gue suka beli jg sih, tp anak gue minumnya dikit, yg ngabisin mamanya deh :)

Post Comment