Kelainan Kromosom Pada Kehamilan

Dear Dr. Indrawati Dardiri, SpOG.

Bulan lalu, di usia kandungan saya 4,5 bulan, dokter saya mendiagnosa bayi saya terkena Edward Syndrome dimana terdapat bejolan di dahinya, tidak ada tulang hidung dan kebocoran jantung. Setelah pemikiran yang mendalam dan konsultasi dengan para dokter, saya memutuskan untuk menterminasi kehamilan, karena atas info dari dokter bila diteruskan akan semakin membahayakan saya dan bayinya.

Pertanyaan saya, bila saya ingin hamil lagi, apakah mungkin kehamilan saya berikutnya end up the same? Mungkinkah kehamilan dengan kelainan kromosom terulang kembali?

Terima kasih sebelumnya. – Kamelia

Dear Kamelia,

Ibu yang pernah hamil dgn janin yg menderita kelainan kromosom mempunyai resiko untuk mendapat kelainan kromosom lagi 2 sampai dengan 2,5 kali dibanding orang yang belum pernah mengalaminya. Tapi kelainan kromosom saat ini sudah dapat dideteksi sejak kehamilan dini karena adanya kemajuan tehnologi, baik melalui pemeriksaan USG, laboratorium sampai degan amniosentesis yaitu pengambilan cairan amnion. Sehingga pasien tidak perlu menunggu sampai kehamilannya besar. Sebaiknya pada kehamilan yang terduga ada kelainan, saat lahir juga dilakukan analisa kromosom.

Semoga membantu – dr. Indrawati Dardiri, SpOG


16 Comments - Write a Comment

Post Comment