banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Amankah Jika Pasta Gigi Tertelan?

author

Mommies Daily16 Mar 2010

Amankah Jika Pasta Gigi Tertelan?
Dear dr.Ivonne,

Anak saya umur 2 tahun 2 bulan, giginya sekarang sudah ada 16. Sejak satu bulan terakhir, saya ajak dia sikat gigi menggunakan pasta gigi. Sebelumnya, dari pertama giginya tumbuh dia sudah biasa sikat gigi tanpa pasta gigi, tapi bulan lalu mogok dan baru mau kalau menggunakan pasta gigi. Saya belikan pasta gigi merk Zwitsal karena ada tulisannya 'aman bila tertelan'. Awalnya semua lancar, saya ajarkan kumur dan spit dia mau mengikuti. Tapi memang dia sangat suka rasa pasta giginya, jadi sebelum sikat gigi selalu dia emut-emut dulu seperti permen loli. Akhir-akhir ini dia malah menelan busanya dan sepertinya dengan sengaja tidak mau spit setelah kumur-kumur, melainkan langsung ditelan karena rasa pasta giginya masih ada.

Pertanyaan saya apakah tidak apa-apa kalau setiap hari begitu? Walaupun ada tulisannya aman,tapi kalau tiap hari saya jadi was-was juga. Kalau tanpa pasta gigi dia tidak mau sikat gigi, biar dibujuk bagaimanapun.

Info tambahan, anak saya agak delayed speech dan dia masih sulit utk diberi pengertian, diajak dialog atau bicara baik-baik.

Terima kasih sebelumnya. - Fitria

Hai Fitria,

Wah senang sekali yah anakmu sudah mau sikat gigi pakai pasta gigi. Mengenai pasta gigi yang tertelan, untuk pasta gigi anak aman bila tertelan, dalam aturan waktu sikat gigi (2x  sehari) dan tidak dengan sengaja anakmu menekan tube pasta giginya dan memakannya seperti permen. Jika masih was was, jangan berikan terlalu banyak pasta gigi di sikatnya. Memang agak sulit mengatasi hal ini karena anak masih sulit diberi pengertian, tapi kamu bisa mencoba teknik mengajari anak "dengan meniru", artinya kamu peragakan dulu cara menyikat gigi di depan dia dan mewanti-wanti agar dia tidak menghabiskan dulu odolnya,  karena klalau odolnya habis, kan sama saja dia gosok gigi tanpa odol. Biasanya teknik ini banyak berhasil. Selamat mencoba! - drg. Ivonne

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS