Amankah Jika Pasta Gigi Tertelan?

by: - Tuesday, March 16th, 2010 at 6:00 am

In: Dentist Expert Corner 16 responses

0 share

Dear dr.Ivonne,

Anak saya umur 2 tahun 2 bulan, giginya sekarang sudah ada 16. Sejak satu bulan terakhir, saya ajak dia sikat gigi menggunakan pasta gigi. Sebelumnya, dari pertama giginya tumbuh dia sudah biasa sikat gigi tanpa pasta gigi, tapi bulan lalu mogok dan baru mau kalau menggunakan pasta gigi. Saya belikan pasta gigi merk Zwitsal karena ada tulisannya ‘aman bila tertelan’. Awalnya semua lancar, saya ajarkan kumur dan spit dia mau mengikuti. Tapi memang dia sangat suka rasa pasta giginya, jadi sebelum sikat gigi selalu dia emut-emut dulu seperti permen loli. Akhir-akhir ini dia malah menelan busanya dan sepertinya dengan sengaja tidak mau spit setelah kumur-kumur, melainkan langsung ditelan karena rasa pasta giginya masih ada.

Pertanyaan saya apakah tidak apa-apa kalau setiap hari begitu? Walaupun ada tulisannya aman,tapi kalau tiap hari saya jadi was-was juga. Kalau tanpa pasta gigi dia tidak mau sikat gigi, biar dibujuk bagaimanapun.

Info tambahan, anak saya agak delayed speech dan dia masih sulit utk diberi pengertian, diajak dialog atau bicara baik-baik.

Terima kasih sebelumnya. – Fitria

Hai Fitria,

Wah senang sekali yah anakmu sudah mau sikat gigi pakai pasta gigi. Mengenai pasta gigi yang tertelan, untuk pasta gigi anak aman bila tertelan, dalam aturan waktu sikat gigi (2x  sehari) dan tidak dengan sengaja anakmu menekan tube pasta giginya dan memakannya seperti permen. Jika masih was was, jangan berikan terlalu banyak pasta gigi di sikatnya. Memang agak sulit mengatasi hal ini karena anak masih sulit diberi pengertian, tapi kamu bisa mencoba teknik mengajari anak “dengan meniru”, artinya kamu peragakan dulu cara menyikat gigi di depan dia dan mewanti-wanti agar dia tidak menghabiskan dulu odolnya,  karena klalau odolnya habis, kan sama saja dia gosok gigi tanpa odol. Biasanya teknik ini banyak berhasil. Selamat mencoba! – drg. Ivonne

Share this story:

Recommended for you:

16 thoughts on “Amankah Jika Pasta Gigi Tertelan?

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: nyanya
  3. Wah thanks for the info :)
    Baru aja mau cari tau ttg permasalahan ini krn kyara (28m) juga suka nelan pasta gigi waktu sikat gigi dan kadang mulai ogah kumur setelah menyikat gigi. Sudah mengerti kl diajak bicara baik2, tp tetep nggak mau kumur. Kayanya sengaja banget seperti nge-bercandain mamanya. Setelah baca info ini jd sedikit lega deh kalo pasta gigi anak cukup aman kalo tertelan. Tanks ya :)

  4. Pingback: kirana
  5. dr.Ivonne & mommiesdaily, thx for answering my question! :)
    akan gw coba tekniknya…sekarang ini dia mau spit, tapi setelah kumur2 ke-3 di mana emang udah ga ada busanya…hehehe…

  6. Iya..yang ini memang agak susah untuk melatih ke anak. Untung aja sekarang sudah ada pasta gigi yang punya ingredients jauh lebih aman dibanding pasta gigi yang lain: Saponified Unscented Castile, Peppermint Essential oil, Organic Aloe Vera gel, Himalayan Salt, Bicarbonate Soda, Honey, Peppermint Essence, Distilled water, Tea Tree Essential Oil (untuk yg rasa Peppermint). Anak-anakku pakai yang rasa Grape & mereka tetap semangat mau sikat giginya. Pasta gigi ini buatan Indonesia lho…

  7. Ah senangnya ada artikel ini. Meski telat banget karena baru baca, cukup membantu menjawab keraguan saya tentang pasta gigi yang tertelan. Maklum Nadira (22m) baru belajar sikat gigi. Jadi mau buka mulut aja Alhamdulillah. Gimana disuruh kumur? Thx ya Dok :-)

  8. Bicara tentang pasta gigi,
    Buanyakkkkk sekali perush pembuat pasta gigi berikaln ini itu seribu satu macam tentang pasta gigi, bahkan mulai dari berfluoride sampai akhirnya pro kontra fluoride sampai ada yg herbal *makanya sy agak segan kalo menyebut merek pasta gigi, salah2 kata bisa salah lg hahaha..intinya, mom harus bijak untuk memilih yg terbaik buat anak kita,seperti halnya jaman kemarin anak kita ada treatmen namanya fluoridasi kemudian ada lagi muncul prinsip dalam usia tertentu ga boleh sikat gigi pake odol dulu, karena takut ketelen (pasta giginya berfluoride ,bahkan ada yg menulis sebagai bahan racun tikus, trus keluar lagi pasta gigi no- fluor, kemudian ada tambahan plus calcium. Intinya dengan cara pemakaian yang benar mudah-mudahan itu semua tidak terjadi pada anak kita, artinya jangan salah-salah kata, misalnya dari sananya struktur gigi anak kita rapuh, trus berasumsi odolnya ga bagus ni, nah.. ga baik juga gitu, atau misalnya ikut aturan yang jangan sikat gigi pake odol dulu (akhirnya si anak jadi bau mulut, ga bagus juga begitu, Apalagi sekarang pasta gigi yang beredar dipasaran sudah ada yang panduan buat step 1 umur sekian, mungkin itu bisa dimanfaatkan atau kalo moms masi ragu bisa memanfaatkan toothmousse yang sdh jelas boleh tertelan dan rekomendasi dokter gigi sebagai bahan suplemen gigi, mengenai saccharine pada pasta gigi, itu buat manis2nya ajah biar anak2 suka, rata2 emang pake pemanis buatan *opini gw yah, gpp lah toh dikit bgt kan, kan abis sikat gigi juga dibilas kan anak kita kumur dibuang atau ditelan hahahahaaa..(anak2 kan kalo kumur ditelen)
    Semoga membantu yah, kl masi ada yg ga jelas bole tanya lagi :)

  9. **Tambahan,
    btw barusan ada yang YM saya, “drg.Ivonne sy habis baca di mommiesdaily tentang ‘odol yang boleh ditelan anak’ buka rahasia donk dok merek yang bagus” (sudah ijin mom untuk di clear kan di MD)
    hahahahaa…
    Moms jangan salah yah, “odol yang tertelan” bukan “odol yang boleh ditelan”–> maksudnya tertelan adalah tidak sengaja ditelan anak, seperti artikel yg sdh saya tulis, tujuannya adalah mengajarkan ke anak, jd maksudnya tetap biarpun si pasta gigi ada tulisan “aman jika tertelan” moms tetep harus ngajarin anak buat buang odolnya yah, pasti pertama2 dia telan tuh (tapi pengajaran itu yang penting bahwa tujuan si pasta gigi adalah membersihkan gigi, bukan untuk ditelan) Pernyataan “aman ditelan” itu jadikan asumsi sebagai ketidaksengajaan, bukan faktor sengaja menelan..
    Semoga jelas yah moms :)
    *Terima kasih buat mom Lidya yang sdh mengijinkan saya menjelaskan di MD

  10. @Ella
    Ada 2 McM jeng toothmousenya, ini sebenernya bukan pasta gg, ini adqaah vitamin atau suplemen gg, tapi kita manfaatkan sbg odol yg jelas aman bila tertelan kl moms takut akan kandungan pasta gg (karena Cara penggunaan yg diinstruksikan adalah setelah gg nya dibersihkan, TM nya diolesin kemudia dibiarkan tidur anaknya – jd sdh pasti tertelan) Nah kl anak sdh bs membuang busa odol, baru deh kita pilih2 pasta gigi yg beneran :)
    Semoga membantu yah La :)

  11. Pingback: Mommies Daily
  12. Dear Drg. Ivonne,

    mau tanya dong, anak saya skrg sudah umur 25 bln, dari umur 16 bulan sudah terbiasa sikat gigi menggunakan pasta gigi dewasa ( close up ) habis sikat gigi dominan pasti langsung ditelan. apakah itu berbahaya dan adakah pengaruh terhadap giginya??

    thanks,,

Leave a Reply