Membersihkan Mulut Bayi

Perawatan gigi pada bayi sebaiknya dilakukan sedini mungkin, terutama jika gigi-gigi mungil mereka baru mulai tumbuh. Tapi bagaimana cara melakukannya yang benar? drg. Ivonne menjelaskannya untuk kita.

Dear Dokter,

Bayi saya berumur 10 bulan dan sudah memiliki 4 gigi (2 atas, 2 bawah). Bagaimana sebaiknya saya membersihkan bagian oralnya (gigi, lidah, mulut)? Menggunakan apa dan berapa kali sehari perlu dilakukan?

Thank you in advance. – LucKyo

Bersihkan secara teratur 2 kali sehari, pagi dan malam dan setiap ia habis minum susu di malam hari dengan menggunakan kasa yang dibasahi dengan air hangat. Kalau sudah semakin banyak giginya, boleh diganti dengan sapu tangan handuk bersih yang dibasahi dengan air hangat juga. Bersihkan semua permukaan gigi, lap gusinya dan jangan lupa lap lidahnya. Memang mengelap gigi anak waktu malam bisa sangat mengganggu tidur anak, tetapi mengingat bakteri dalam plak yang akan berkembang biak 20 menit sekali, kita dipaksa untuk melakukan hal ini. Bayangkan berapa juta bakteri yngg ada di permukaan gigi anak kita kalau tidak dibersihkan. -drg. Ivonne


11 Comments - Write a Comment

  1. dear drg ivonne,,,,,,
    anak saya baru berusia 8 bulan gignya dah tumbuh 1 dbawah sekarang ini dibibir nya ada bintik2 merah dan di pipi bagian dalam bercak putih. itu penyebabnya apa ya dok n tindakan apa yg saya lakukan?

Post Comment