Menyusui Ketika Hamil

I’m a breastfeeding junkie who keep breastfeeding although I got pregnant :D

Persis si sulung setahun, saya hamil lagi. Karena target saya ASI sampe 2 tahun maka saya keukeuh tetep nyusuin meski oleh ibu saya disarankan sambil mengajari minum pake dot juga. Sayang waktu itu belum tahu kalau UHT sudah boleh diberikan mulai anak 12 bulan, jadi dotnya diisi sufor :(

Cuma ya sebagaimana anak ASI, mana doyan dot+sufor. Jadinya dot cuma sekali-sekali aja, seringnya tetap ASI. Sampai hamil 8 bulan baru bener-bener berhenti dan pindah ke dot. Jadi si sulung cuma dapet ASI selama 20 bulan. Berasa ngutang 4 bulan deh. :(

Saya memang sengaja stop sebelum adiknya lahir karena menghindari penyusuan tandem. Walau sebetulnya kalau mau, boleh-boleh saja sih. Secara medis tidak ada larangan. Tapi kok rasanya gak rela ya kolostrum jatah adiknya ikut keminum kakaknya :D

Waktu hamil anak ketiga juga si tengah masi umur 1 tahun 9 bulan. Tanggung banget mau langsung disapih. Kali ini saya baru mulai proses menyapih waktu dia persis menginjak 2 tahun, dan tersapih umur 2 tahun 2 bulan.

Pertama kali hamil plus masih nyusuin, wah harus benar-benar tutup kuping dan kuat mental sama omongan orang sekitar. Rata-rata sih bilang ASInya sudah tidak bagus lagi kalo sudah hamil. Trus ada juga yang bilang nanti perkembangan janinnya terganggu bahkan bisa berakibat keguguran. Sampe yang mitos ekstrim macam ASI basi dan ASI berulat! :D

Kalo ASI basi dan ASI berulat jelas mitos kan yaaa, cuekin aja itu! Nah kalo ASI sudah tidak bagus lagi, saya mau menjelaskan sedikit. Sebetulnya komposisi ASI tetep sesuai dengan kebutuhan anak berdasarkan umurnya. Yang mungkin terjadi itu ada perbedaan rasa yang disebabkan oleh perubahan hormon si ibu. Beberapa anak sensitif dengan perubahan rasa ini, sehingga tersapih dengan sendirinya. Sementara anak saya dua-duanya sabodo teuing, pokoknya nemplok emak :D

Soal perkembangan janin terganggu, secara umum juga tidak. Dari yang saya alami, asupan ke janin tetap jadi nomer satu dan hasilnya bisa terlihat dari perkembangan janin yang normal setiap USG. Nomor dua untuk produksi ASI. Seperti biasa kalo asupan kita agak kurang ya produksi ASI juga berkurang. Kalo asupan normal, produksi balik normal kok. Normal disini normal ukuran hamil plus nyusuin lho ya. Nomor tiga baru buat si emak. Hamil plus nyusuin = lapeeeeeeeeeerrr terus! Rasanya kayak harus makan 2 gerbong.

Untuk resiko keguguran, menurut penelitian juga tidak meningkat kok. Kecuali bagi mereka yang memang memiliki riwayat keguguran berulang. Ada baiknya waspada walaupun tidak usah berhenti menyusui sama sekali. Mungkin bisa agak dikurangi frekuensi menyusuinya kalau terjadi flek-flek misalnya. Menyusui memang merangsang kontraksi, tapi jumlah hormon yang terlibat jauh lebih sedikit daripada saat kontraksi melahirkan.
Ada perkecualian sih, untuk yang dianjurkan pelvic rest (tidak boleh berhubungan, no tampons, no vaginal douching, dan bahkan tidak boleh menjalani vaginal exam) karena dikhawatirkan terjadi keguguran atau persalinan dini, mungkin sebaiknya memang berhenti menyusui sama sekali.

Namun ada satu yang cukup mengganggu ketika menyusui sembari hamil. Puting yang memang jadi lebih sensitif selama hamil, jadi sakit kalo disusu. Pada beberapa orang bisa jadi tantangan juga rasa sakitnya ini. Tapi buat saya masih cukup bisa ditahan.

Oiya, perhatikan juga asupan kalsium ya. Menyusui sendiri sudah potensi mencuri kadar kalsium kita. Apalagi plus hamil. Entah karena disambi menyusui kakaknya atau memang karena keturunan, anak tengah saya giginya lebih rapuh ketimbang kakaknya. Memang saya ada genetis gigi rapuh dari jalur ibu saya. Tapi saya juga sedikit menyesal kenapa tidak terpikir tentang ini waktu itu. Walau saya ingat betul waktu itu obgyn saya meresepkan kalsium sepanjang kehamilan, bukan hanya trimester kedua seperti umumnya. Hmmm…semoga memang karena keturunan deh.

sumber:

http://www.womenshealthcaretopics.com/preg_breastfeeding_during.htm

http://www.babycenter.com/404_is-it-safe-to-continue-breastfeeding-while-pregnant_8935.bc


52 Comments - Write a Comment

Post Comment