banner-detik
PREGNANCY

Ngidam Apa Saat Hamil?

author

nenglita04 Feb 2010

Ngidam Apa Saat Hamil?

Ibu hamil alias bumil yang baru masuk trimester pertama (1-3 bulan) biasanya akrab dengan istilah ngidam. Istilah ini biasanya adalah situasi di mana bumil menginginkan sesuatu yang aneh-aneh. Kenapa aneh? Karena biasanya ngidam ini mulai dari menginginkan makanan yang tak biasa, barang ajaib  sampai  melakukan hal yang tak lazim. Misalnya, kalau mommies disini nonton Get Married 2, dimana Nirina diceritakan sedang hamil muda, ia ngidam ingin memegang kepala preman kampungnya yang kebetulan plontos. Atau kalau ingat juga ada seorang artis yang dibelikan mobil mewah oleh suaminya dengan alasan itu adalah ngidamnya.

Kalau saya nih, nggak sampai seperti itu sih. Ngidam saya nggak nyusahin suami. Antara lain :

  • Kepingin banget makan bubur ayam dekat RS Islam Pondok Kopi. Kebetulan waktu jaman pacaran, suami pernah beberapa kali bawain saya bubur ayam d situ. Ndilalahnya, pas saya kepengen banget bubur ayam itu, si mamang lagi pulang kampung! Nggak tanggung-tanggung sampai sebulan lebih kedai itu tutup. Bisa dibayangin gimana saya merongorong suami setiap hari minta bubur ayam di sana. Sudah diajak makan bubur ayam dimanapun, tetap saya kebayang-bayang bubur ayam yang satu itu :D Sampai akhirnya si mamang buryam buka, sama suami dibeliin 5 bungkus! Dan hanya dimakan sebungkus saja…
  • Jam 10 malam, minta ayam goreng KFC. Suami kebetulan sedang syuting, belum sampai rumah. Akhirnya minta tolong ‘anak buah’nya untuk mencari KFC mana yang sedang buka. Ditawarin McDonald yang kebetulan lebih banyak gerai 24 jam-nya, saya menolak dan bilang “Ya udah, nggak usah.” Entah karena kasihan atau apa, akhirnya salah satu anak buahnya dapet juga di gerai bilangan Jakarta Pusat.
  • Nah yang ini sempat membuat heboh di kantor. Jadi saya pengen banget makan duren, sampai akhirnya dikirimin sama klien saya. Duren datang dalam keadaan sudah terkupas dan cuma dibungkus sama plastik kedap udara supaya baunya nggak menyebar.  Entah apa yang merasuki, sore-sore saya kepengen banget makan durennya. Akhirnya saya masuk pantry, buka segel duren dan makan 2 buah. Enak banget! Setelah selesai, saya tutup lagi dan masukan kulkas terus saya duduk manis di meja kerja. Nggak berapa lama kemudian, orang-orang GA kantor sibuk keliling gedung. Konon menurutnya ada gas bocor! Setelah ditelusuri, ternyata bau yang dikira gas bocor berasal dari duren yang segel kedap udaranya sudah saya buka! Hahaha…bikin heboh sekantor deh pokoknya!
  • Banyak perdebatan tentang ngidam ini sendiri. Katanya ada yang bilang, hanya keinginan si bumil untuk diperhatikan, ingin dimanja dan sebagainya. Bahkan sampai ada mitos kalau ngidamnya nggak diturutin nanti anaknya ileran (padahal semua bayi biasanya memang akan mengalami fase ileran sih). Nah ini yang membuat suami-suami biasanya pontang panting mencarikan ngidamnya si istri.

    Setelah googling sana sini, hasilnya ada yang bilang ngidam muncul karena adanya perubahan hormon yang mengakibatkan indera perasa dan indera pembau lebih sensitif. Yang lazim terjadi ngidam diawali dengan rasa mual yang teramat sangat. Keadaan ini terjadi akibat diproduksinya hormon ß-hCG oleh tubuh wanita hamil. Saking mualnya, ada beberapa teman yang mual sampai nggak bisa makan apapun sehingga berat badan merosot dan terpaksa bedrest.

    Atau ada yang lebih aneh lagi, ngidam tapi bukan ngidam makanan. Mungkin seperti contoh yang saya sebutkan di atas tadi ya. Tapi, ternyata ada beberapa ibu hamil yang menginginkan batu bara, makan tanah, atau serpihan dinding saat ngidam. Ini di sebut PICA. Konon, ini juga berhubungan dengan kurangnya zat besi atau kalsium. Serem ya? Ada juga malah justru suaminya yang ngidam!

    Kalau baca-baca sharing teman-teman di thread tentang ngidam-nya Mommies Daily forum, saya suka ketawa-ketawa sendiri deh! Mengingat masa-masa suami keribetan karena saya bolak balik nanyain mamang bubur ayam dan lain sebagainya! Walaupun kadang nih, seneng aja kalo suami repot, kan kita juga udah repot bawa diri sendiri lengkap dengan tamburnya, hehehe hayoo, siapa yang sepikiran dengan saya?!

    Share Article

    author

    nenglita

    Rock n Roll Mommy


    COMMENTS