Ngidam Apa Saat Hamil?

by: - Thursday, February 4th, 2010 at 2:31 pm

In: Pregnancy 24 responses

0 share

Ibu hamil alias bumil yang baru masuk trimester pertama (1-3 bulan) biasanya akrab dengan istilah ngidam. Istilah ini biasanya adalah situasi di mana bumil menginginkan sesuatu yang aneh-aneh. Kenapa aneh? Karena biasanya ngidam ini mulai dari menginginkan makanan yang tak biasa, barang ajaib  sampai  melakukan hal yang tak lazim. Misalnya, kalau mommies disini nonton Get Married 2, dimana Nirina diceritakan sedang hamil muda, ia ngidam ingin memegang kepala preman kampungnya yang kebetulan plontos. Atau kalau ingat juga ada seorang artis yang dibelikan mobil mewah oleh suaminya dengan alasan itu adalah ngidamnya.

Kalau saya nih, nggak sampai seperti itu sih. Ngidam saya nggak nyusahin suami. Antara lain :

  • Kepingin banget makan bubur ayam dekat RS Islam Pondok Kopi. Kebetulan waktu jaman pacaran, suami pernah beberapa kali bawain saya bubur ayam d situ. Ndilalahnya, pas saya kepengen banget bubur ayam itu, si mamang lagi pulang kampung! Nggak tanggung-tanggung sampai sebulan lebih kedai itu tutup. Bisa dibayangin gimana saya merongorong suami setiap hari minta bubur ayam di sana. Sudah diajak makan bubur ayam dimanapun, tetap saya kebayang-bayang bubur ayam yang satu itu :D Sampai akhirnya si mamang buryam buka, sama suami dibeliin 5 bungkus! Dan hanya dimakan sebungkus saja…
  • Jam 10 malam, minta ayam goreng KFC. Suami kebetulan sedang syuting, belum sampai rumah. Akhirnya minta tolong ‘anak buah’nya untuk mencari KFC mana yang sedang buka. Ditawarin McDonald yang kebetulan lebih banyak gerai 24 jam-nya, saya menolak dan bilang “Ya udah, nggak usah.” Entah karena kasihan atau apa, akhirnya salah satu anak buahnya dapet juga di gerai bilangan Jakarta Pusat.
  • Nah yang ini sempat membuat heboh di kantor. Jadi saya pengen banget makan duren, sampai akhirnya dikirimin sama klien saya. Duren datang dalam keadaan sudah terkupas dan cuma dibungkus sama plastik kedap udara supaya baunya nggak menyebar.  Entah apa yang merasuki, sore-sore saya kepengen banget makan durennya. Akhirnya saya masuk pantry, buka segel duren dan makan 2 buah. Enak banget! Setelah selesai, saya tutup lagi dan masukan kulkas terus saya duduk manis di meja kerja. Nggak berapa lama kemudian, orang-orang GA kantor sibuk keliling gedung. Konon menurutnya ada gas bocor! Setelah ditelusuri, ternyata bau yang dikira gas bocor berasal dari duren yang segel kedap udaranya sudah saya buka! Hahaha…bikin heboh sekantor deh pokoknya!

Banyak perdebatan tentang ngidam ini sendiri. Katanya ada yang bilang, hanya keinginan si bumil untuk diperhatikan, ingin dimanja dan sebagainya. Bahkan sampai ada mitos kalau ngidamnya nggak diturutin nanti anaknya ileran (padahal semua bayi biasanya memang akan mengalami fase ileran sih). Nah ini yang membuat suami-suami biasanya pontang panting mencarikan ngidamnya si istri.

Setelah googling sana sini, hasilnya ada yang bilang ngidam muncul karena adanya perubahan hormon yang mengakibatkan indera perasa dan indera pembau lebih sensitif. Yang lazim terjadi ngidam diawali dengan rasa mual yang teramat sangat. Keadaan ini terjadi akibat diproduksinya hormon ß-hCG oleh tubuh wanita hamil. Saking mualnya, ada beberapa teman yang mual sampai nggak bisa makan apapun sehingga berat badan merosot dan terpaksa bedrest.

Atau ada yang lebih aneh lagi, ngidam tapi bukan ngidam makanan. Mungkin seperti contoh yang saya sebutkan di atas tadi ya. Tapi, ternyata ada beberapa ibu hamil yang menginginkan batu bara, makan tanah, atau serpihan dinding saat ngidam. Ini di sebut PICA. Konon, ini juga berhubungan dengan kurangnya zat besi atau kalsium. Serem ya? Ada juga malah justru suaminya yang ngidam!

Kalau baca-baca sharing teman-teman di thread tentang ngidam-nya Mommies Daily forum, saya suka ketawa-ketawa sendiri deh! Mengingat masa-masa suami keribetan karena saya bolak balik nanyain mamang bubur ayam dan lain sebagainya! Walaupun kadang nih, seneng aja kalo suami repot, kan kita juga udah repot bawa diri sendiri lengkap dengan tamburnya, hehehe hayoo, siapa yang sepikiran dengan saya?!

Share this story:

Tags:

Recommended for you:

24 thoughts on “Ngidam Apa Saat Hamil?

  1. Pingback: Mommies Daily
    1. hehehe.. sama aku juga.. masak suka nyium bau wipol, dettol, sabun lifebuoy dsb.. sampe beli sabun dettol batangan buat dibawa tidur hahaha

  2. Gue dulu ngidam kambing (nasi goreng kambing Kb. Sirih dan sop kaki) banget..karena ga ada riwayat hipertensi gue dipersilakanlah sm dokter dan nyokap utk makan kambing asal porsi berbeda dari biasanya. Pokoknya laki gue ga bisa deh yg namanya nanya, “Makan di luar yuk, makan apa kita?” karena jawaban gue akan selalu “Aku mau makan kambing”. Selain itu gue jg ngidam es podeng…tiada hari tanpa es podeng…bagus anak gue fine2 aja :D.

  3. Pingback: Lila Yanis Djemat
  4. Pas hamil, gue sebenernya nggak ngidam macem-macem. Tapi ngeliat temen-temen pada heboh ngidam aneh-aneh sampe suaminya bingung, koq rasanya jadi rugi ya kalo nggak ikutan. Ya udh, tiap hari gue bacain aja blog-blog kuliner, trus gue catetin makanan yang gue incer. Tiap wiken, gue request deh ke suami untuk makan A, B, C sesuai catatan gue dgn alasan ngidam. Lumayaann.. Kapan lagi bisa begitu kalo nggak pas lagi hamil? hehehe…

    Btw, yang beneran bikin gue ngidam banget cuma sushi. Tapi karena kata dokter gak boleh makan yang mentah-mentah, gagal deh. Tapi gue tetep keukeuh ke restoran sushi, meski cuma makan salmon teriyaki atau sushi-sushi yang mateng :-D

  5. Gw paling inget ngidam sama 3 makanan: lontong sayur …saat jam 10 malem, porfetjes (kalo bisa dipuncak :p) sama mie aceh. Yang ga kesampean itu porfetjes puncak padahal sempet ke sana tapi ga karena suatu hal ga kesampean…kemaren tuh anak gw sempet ileran mulu, gw salahin aja suami gw karena ngidam gw ga kesampean hehehe…

  6. hihihi.. kok lucu si perkara nyidam ini.. dulu waktu hamil si ga ngidam apa-apa.. cuma “pengen” aja, juga ga begitu ngebet sampe ngiler-ngiler.

    pernah pengen maem pindang, tanya ke teman yang “konon satu-satunya penjual pindang seantero Qatar”, dianya lagi ga bikin, akunya si gakpapa tapi dianya yang kelabakan bikinin, bahkan digorengin dan dikasi lalapan dan sambal trasi pisan, hehehe..

    Lita, ngomong-ngomong begini jadi pengen hamil lagi deh, merasa disayang sedunia:))

  7. Shanti, hayo hamil lagiiii…
    Iya emang, kalo hamil berasa jd ‘ratu’ ga cuma dirumah sama temen2 gw jg waktu hamil selalu didahulukan keinginannya, hehehe… *tapi suru hamil lg skg siy tar dulu yeeee :p *

  8. kepengeeeennnn bangeetttt makan indomie… apalagi yg rasanya kari ayam… hmmmmm. nyium baunya temen2 pada makan indomie rasanya mupeng banget, jangankan nyium baunya, ngedenger namanya disebut2 ajah udh kebayang2 baunya.. apalagi liat iklannya di tv… ampuuuunnnnnn.. tolong…

  9. aku sekarang lg ngidam…aku ga terlalu manja..tp aku kerepotan dengan mual dan muntah yang hebat hingga aku ga bisa makan apa pun….,malahan suami minta d pindain ngidam ny,,karna kasian,,,tapi ngga ah kasian kan kodrat ngidam cewe,,,
    ngidam aku pngen mie ayam mang lili tapi dagangnya hanya hr jum’at(hr lain dagang baso),,jd lama nunggunya,,,

  10. aq jg lg ngidam nih, yang ga tahan mual-mualnya. tp ngidam kali ini, lain. ga boleh telat makan. pokoknya ga boleh perut kosong tiap dua jam. aduh….mudah-mudahan ga jd kegemukan. please deh….

  11. hii..ikut gabung y..aq pas hamil muda maren banyak bgt yg d pengenin,,,tp berhubung lg ngikut suami tugas d pelosok NTT ngidamny d pending dl ampe pulang k jawa heheheh…

  12. Pingback: Mommies Daily

Leave a Reply