Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui

by: - Tuesday, February 2nd, 2010 at 5:00 am

In: Expert Corner OBGYN 22 responses

0 share

Pasti sering kan mendengar teman yang ‘kebobolan’ alias hamil lagi padahal bayinya masih menyusu? Itu bukti bahwa ibu menyusui juga tetap perlu menggunakan kontrasepsi. Tapi jenis kontrasepsi seperti apa yang aman? Baca jawabannya di bawah ini!

Dok, umur saya 31 tahun, anak satu satunya usia 16 bulan.  Masih menyusui sampe detik ini. Setelah googling, saya sebenarnya prefer Pil KB. Saya butuh reassurance saja, kalo masih menyusui seperti saya ini, Pil KB apa yang aman? Di salah satu informasi yang saya dapat, Diane35 tidak dianjurkan untuk ibu menyusui. Apa benar? Kalau Pil KB tidak memungkinkan untuk saya, apa yang sekiranya cocok ya, Dok? Saya tidak suka Spiral/IUD karena di sekitar saya banyak kasus  “kebobolan” juga ketika menggunakan spiral. Kita kan nggak tau, kalo spiralnya bisa bergeser kapanpun juga. Oiya dan apakah suntik KB aman untuk ibu menyusui?

Terimakasih yak dok – Cicik

Semua kontrasepsi tentu ada kekurangan disamping kegunaan yg sudah tidak diragukan. Pada ibu menyusui dapat menggunakan kontrasepsi yang prinsipnya tidak mengurangi jumlah ASI, terutama pada 6 bulan pertama di mana bayi belum mendapat makanan tambahan selain ASI. Yangg dapat dipakai bisa KB nonhormonal atau hormonal, misalnya pil KB dr golongan progesteron rendah, atau suntikan yang hanya mengandung hormon progesteron yang disuntikan per 3 bulan.

Kontrasepsi yang mengandung estrogen tidak dianjurkan karena akan mengurangi jumlah ASI, misalnya Diane.
IUD cukup aman pada ibu menyusui dan banyak dipilih. Mengenai bergeser atau tidak tentu dokter akan tahu seandainya ibu datang kontrol minimal 6 bulan sekali.

Semua kontrasepsi mempunyai angka keberhasilan yang tinggi, lebih dari 95% sepanjang ibu menjaga kedisipilinan baik dalam mengkonsumsi atau memeriksakan ke dokter utk kontrol.

Perlu diingat bahwa pil KB dengan dosis rendah progesteron untuk ibu menyusui, bekerja bersama-sama dalam mencegah dalam kehamilan. Jadi bila menyusui sudah jarang, sebaiknya jangan digunakan lagi karena tidak akan memberi perlindungan yang optimal.

Untuk mendapat pil KB, tentu pertama kali harus ke layanan kesehatan untuk dicek ada tidaknya kontraindikasi dalam mengkonsumsinya. Biasanya pil KB utk menyusui, akan terdapat tanda di blisternya berupa gambar payudara dan ada beberapa jenis dipasaran.

Demikian penjelasan dari saya, mudah-mudahan sesuai dengan harapan dalam merencanakan kehamilan berikut. - Dr. Indrawati Dardiri SpOG

Share this story:

Recommended for you:

22 thoughts on “Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui

  1. ohhh, cicik, toh… hehehehhe… gue mau share, yaaa… 1 bulan pasca persalinan gue menstruasi. nanya sana-sini akhirnya dapet informasi bahwa pil kb yang aman untuk ibu menyusui adalah pil kb and*lan laktasi.

    akhirnya pil tersebut gue bawa ke dokter kandungan, setelah diperiksa beliau bilang pil ini aman karena hanya mengandung progestin saja. jadi aman untuk busui dan tidak akan mempengaruhi kualitas dan kelancaran ASI. yo wis, gue minum, deh… dan memang ga menggangu ASI.

    oia, tapi jangan lupa, kontrasepsi yang sifatnya hormonal efeknya ga selalu sama dengan ibu yang lain. yang justru bikin gue penasaran adalah efek jangka panjang terhadap tubuh bagian dalam kita kalo ngepil menahun… any advice?

    HTH, ya, Cik.. :)

  2. utheregina, kabarnya alat KB hormonal ga dianjurkan utk yg punya riwayat genetis penyakit kanker hormonal. kayak misalnya gue yg bude gw meninggal karena kanker payudara, dan ibu + nenek gue juga ada tumor.

    makanya gue juga parno sendiri akhirnya mau KB.
    yg hormonal di gw resiko tinggi, yg IUD juga ada resiko ke kanker servix & rahim, yg kondom gw alergi…*sigh*

  3. Pantes anak lo tiga ya kir! *ngakak*

    But on a more serious note, gue jg agak susah milih produk KB yang tepat dan minim efek samping. Sekarang udah gak menyusui sih lebih mending bisa pake pil, tp dulu gue sempet coba beberapa pil dan gak tahan sama efek samping kayak mood swing, weight gain dllnya itu.

    Kayaknya gue mau coba suntik sih sekarang…

  4. waduh… gw sabtu besok baru rencana mo pasang KB (spiral), dan gw masih nyusui.
    pake spiral gak papa kan? soalnya gw denger2 pake yg minum or suntik bs bikin nambah gendut..any suggestion?

  5. awalnya gw sempet mo masang spiral tp mau dipasang sm dokter.. gw ga tahan sakitnya, kata susternya mungkin krn gw caesar jd jalannya msh sempit
    Solusi dr dipasang iud, tp gw hrs dibius total..akhirnya gw mundur teratur (kasian anak gw..iya klo gw sadar dr biusnya cepet klo lama,soale dia ga mau mimik botol samsek) akhirnya gw pake KB suntik per 3 bulan.
    hmm..belum ada keluhan apa-apa..he he br 1 minggu yg lalu disuntik

  6. kalo pengalaman saya, stlh melahirkan baby sy di bulan nov 2009, 3 bulan setelahnya saya memutuskan pakai pil KB… yang diresepkan spog sy cerazette (maaf sebut merk) agar tidak menganggu ASI.. alhamdulillah sampe sekarang bayi saya masih ASI.. kendala spt weight gain, pusing dll tidak pernah sy rasakan, malah mnrt saya kulit muka lbh cerah ( maksudnya jerawat dll ilang..hahaha..apa perasaan saya aja ya)… tapi yang jadi kendala hingga bayi sy almost 11 bulan sy blm mendapatkan menstruasi sama sekali ..(senangnya puasanya bisa full ..hehe)… meski menurut spog saya tidak apa2 blm mendapat mens… apa ada mommies lain yang lama mendapatkan mens setelah kelahiran baby nya spt sy? trus solusinya apa ya moms?

  7. hallo..slm kenal semuanya..
    sekedar sharing nih..april kmrn saya pasang spiral..semua lancar normal ga ada masalah apa2..akhir agustus saya curiga..ko telat mens..coba testpack hasil positif. cek ke bidan (testpack lg) hasil sama. kebesokkanya saya flek2 seperti mau mens..shari stlh flek, darah yg kluar terus menerus ga abis2..diperparah dgn kluarnya gumpalan2 darah (sori klo bahasanya ga sopan)..cek kebidan ternyata saya keguguran :sigh:
    smpe skg sih saya blm pke KB apapun. mau spiral lg, tp hrs tgu maks bln..kira2 KB apa yah yg paling aman scara saya msh menyusui? thx

  8. Pingback: Mommies Daily
  9. Pingback: Sri Bayuningsih
  10. Pingback: rissa indrawan
  11. Pingback: Mommies Daily
  12. Pingback: kirana
  13. Pingback: Meralda Suhud
  14. Pingback: Mommies Daily
  15. Pingback: Mommies Daily
  16. Pingback: debbie ♥♥

Leave a Reply