Mewarnai Rambut & Perawatan Kulit Saat Hamil

by: - Tuesday, January 19th, 2010 at 4:50 pm

In: Expert Corner OBGYN Pregnancy 21 responses

0 share

Pertanyaan berikut ini sepertinya sering terlontar oleh banyak ibu hamil. Warna rambut sudah mulai kusam tapi tidak berani ah ke salon untuk touch up, nanti janinnya kenapa-kenapa? Aman tidak ya menggunakan produk-produk perawatan kulit selama hamil? Paling tidak ada satu mama di Mommies Daily yang ingin tahu jawabannya!

Dok, saya sedang hamil 16 minggu dan ingin mewarnai rambut. Sebenernya aman nggak sih dok? Bagaimana dengan produk skin care dari department store yang masih saya gunakan sekarang? Apakah akan berpengaruh ke janinnya jika tetap saya pakai? – Dewir

Sebetulnya soal mewarnai rambut selama hamil ini masih kontroversial. Ada yang bilang boleh, ada yang bilang tidak boleh. Sebetulnya, yang pasti tidak boleh untuk wanita hamil, terutama di trimester pertama, adalah terpapar dengan sesuatu yang mengandung logam berat. Yang ditakutkan, produk cat rambut mengandung komponen ini. Jadi kalaupun mau mewarnai rambut, tunggu deh sampai trimester ke-2. Karena kalau trimester pertama sudah lewat artinya pertumbuhan organ ogonesisnya sudah selesai.

Untuk perawatan kulit wajah, memang saat hamil wanita hamil mengalami perubahan hormon. Ada yang kulitnya jadi sangat berminyak atau jerawatan, ada yang kering. Itu wajar pada hamil dan penggunaan produk perawatan wajah yang umum boleh-boleh saja asal jangan yang mempunyai kandungan-kandungan untuk memutihkan wajah, seperti retinol misalnya, apalagi produk kecantikan yang dijual tanpa izin yang jelas dari Badan POM. Bahkan untuk wanita yang tidak hamil pun produk-produk seperti itu sebaiknya dihindari – Dr. Indrawati Dardiri SpOG

Share this story:

Recommended for you:

21 thoughts on “Mewarnai Rambut & Perawatan Kulit Saat Hamil

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: muthia angraini
  3. Pingback: Naindra
  4. Pingback: Fitri Hayatunisma
  5. @ all : Saya jg pny pertanyaan, apakah pemakaian produk kecantikan kulit muka dpt digunakan pada masa breastfeeding ?
    Terima kasih sebelumnya & salam kenal utk smuanya :)

    1. Aku mau share dikit yaa..
      dulu aku pikir, hamil itu gak perlu cantik. Tp kok pas aku hamil pertama anakku, setiap liat kaca malah stress. trus aku curhat sm sahabatku dan aku diajak ke sebuah tempat spa langganan dia, namanya mom n jo di dharmawangsa. Disana aku melakukan perawatan, mulai dr creambath smp body scrub. Aman gak?? nah itu yg jd pertanyaanku awalnya, trus terapis dan manajernya jelasin ke aku kalo mom n jo emang tempat yg di rancang khusus untuk ibu hamil (tagline aja ‘Happy Pregnancy, Helathy Baby’;) senua bahan yg digunakan bebas bahan kimia alias natural.

      Semua perawatan kecantikan yg aku pikir taadinya gak akan bs aku lakukan selama aku hamil, ternyata disana bisa dilakukan dan aman, krn tempat itu juga ber sertifikat internasional (keliatan dr tempatnya yg eksklusif dan nyamaannnn banget)
      Oya utk ibu hamil disana emang sengaja dijauhkan dr alat2 yg bermuatan listrik kyk blower dan jacuzzi. mbak2nya gak ijinin aku nge-blow katanya gak baik buat janin. Pas mau berendam pun aku gak dikasih ke jacuzzi, jd treatment buat aku bener2 naturalk semuanya.

      Well recommended deh buat temen2 yg hamil…
      aku punya nomor HP manajernya nih 08-999-000-006 (mbak helwa)

      oya, untuk tempat spa se-eksklusif itu harga perawatannya murah banget loh…

      mudah2an berguna yaa…

  6. Pingback: Mommies Daily
  7. Pingback: Aku
  8. Pingback: Mommies Daily
  9. Pingback: Permata Tresnasari
  10. Mau tanya nih. . .ternyata cream mata n pelembab’q jg mengandung retinyl palmitate deh. .gmn donk??
    Klo cream mata baru aq pake 2x n pelembab baru aq pake 1x. . .aduhh jd takut nih. .info’nya donk. .

  11. Pingback: Mommies Daily
  12. Pingback: Tia Annisa Tachya

Leave a Reply