Selagi Makan, Duduk di Mana Ya?

Menjelang MPasi, biasanya para ibu bertanya-tanya, “Duduk dimana ya anaknya nanti?”

Banyak pilihannya, salah satu yang ideal adalah high chair. Tapi kalau belum ada budget untuk beli high chair gimana ya? Oke, ini sedikit ‘curcol’ alias curhat colongan dari saya sih, sebenarnya. Waktu mau mulai MPasi, kebetulan budgetnya belum ada, makanya saya bingung mau pakai apa ya?

Setelah cari-cari ide, akhirnya saya menemukan soluisi sementara, yaitu baby bath bed. Bentuknya seperti kursi biasa tanpa tray. Saya pikir “Toh makannya kan masih disuapin” :) Ini kursi sebenarnya buat mandi, tapi ketika saya gunakan untuk Langit makan, masih berfungsi juga kok. Lumayan, harganya hanya sekitar 100 ribuan saja.

Setelah beberapa bulan, masih belum kebeli juga ternyata high chairnya :D  Kami sekeluarga pun pindah rumah dan di rumah baru ini belum punya perabotan sama sekali alias kosong melompong! Makanya niat beli high chair terpaksa diurungkan, karena “Ibu bapaknya aja nggak makan di meja makan!” hehehe…

Langit pun mulai berpindah-pindah makannya. Tak lagi betah duduk di bath bed, akhirnya kami dudukkan di baby walker (tanpa dilepas alasnya, jadi dia nggak bisa meluncur sendiri). Di usianya yang ke 10 bulan, mulai deh Langit nggak bisa diem. Merangkak sana sini, berdiri-diri, merambat. Terpaksa acara makan pun disesuaikan. Untungnya Langit nggak harus diajak main di taman kalau makan, jadi memang selalu dalam posisi duduk, namun tempatnya saja yang berbeda-beda.

Menginjak 1 tahun, akhirnya kami punya meja makan! Tapi mau dibeliin high chair kok rasanya nanggung ya? :D Acara makan pun bisa berubah lagi. Langit mulai hobi makan sendiri, jadi makannya duduk dipangkuan saya atau bapaknya, lalu makan di piringnya sendiri. Tak jarang Langit berdiri di kursi  makan, lalu makan deh!  Sampai suatu hari bapaknya membelikan satu set meja kursi kecil, yang akhirnya menjadi tempat favorit Langit untuk makan.

Banyak yang khawatir kalau nggak dibiasakan sejak kecil nanti anaknya kalau makan sambil lari-larian atau jalan-jalan. Nggak ada salahnya dengan itu sih. Tapi kalau saya sih, jujur nggak terlalu memikirkan tentang itu. Toh saya juga masih kecil nggak pernah duduk di high chair, tapi sekarang makannya duduk kok, di meja makan :)  Dan Alhamdulillah, kalau kami makan diluar, di resto yang menyediakan high chair, Langit anteng-anteng saja duduk d isitu. Bahkan kalau nggak ada high chair pun, Langit tetap anteng makan sendiri apakah itu dengan gaya berdiri di kursi atau di pangkuan.

Sekarang, Langit bebas memilih tempat makannya. Mau duduk di meja Donald Bebek, mau di meja makan, di teras atau di tangga sekalipun nggak masalah. Yang penting buat saya, Langit mau makan dan komit dengan apa yang sudah dia pilih. Biasanya sih, kalau dia sudah memilih untuk makan di tangga maka dari awal sampai makanannya habis, dia akan duduk manis di tangga :)

Kalau mommies disini gimana?


28 Comments - Write a Comment

  1. @novie, ya ampun maaf baru lihat. beli bath bed-nya di suzanna baby shop Pd indah, di giant juga ada kok tapi harganya lebih mahal. atau di baby shop2 ITC itu ada kok..maaf ya, semoga masih membantu

    @mama fatih, wah fatih pinter deh, makannya… :)

Post Comment