banner-detik
FOOD & RECIPE

Pumpkin Risotto with Tomato Cheese Sauce

author

DesZeLL08 Jan 2010

Pumpkin Risotto with Tomato Cheese Sauce

Masakan nasi tradisional dari Itali yang dinamakan Risotto banyak didapati di buku-buku masakan anak. Karena teksturnya yang creamy dan sangat watery, cara memasak nasi seperti ini sangat baik untuk memperkenalkan tekstur yang lebih kasar kepada anak selain dengan cara memasak nasi menjadi bubur dan nasi tim.

Resep ini saya dapati dari buku resep Annabel Karmel yang sudah menjadi "kitab" saya dalam memasak untuk anak saya Raysa dari sejak dia mulai makan. Sebenarnya dalam resep aslinya buah Butternut Squash Pumpkin dipakai sebagai salah satu bahan pokok. Tapi ternyata setelah saya bandingkan hasil memasak dengan Butternut Squash Pumpkin, Kabocha Jepang dan labu biasa hasilnya tidak jauh beda. Jadi daripada pusing mencari Butternut Squash Pumpkin yang mungkin hanya bisa didapati di supermarket terkemuka, lebih baik langsung saja saya tulis bahwa sah-sah saja memakai labu biasa untuk resep tersebut.

Hal yang kedua yang ingin saya garis bawahi sebelum memulai dengan susunan ingredient, bahwa dalam memasak Risotto sebaiknya jangan terlalu diambil pusing jenis beras apa yang dipakai. Memang aslinya beras-beras yang mengandung kandungan pati tinggi yang dipakai untuk memasak Risotto agar hasilnya lebih creamy seperti contohnya beras Arborio. Beras jenis Basmati juga sering dipakai sebagai pengganti beras Arborio untuk memasak Risotto. Tapi kalau dirumah adanya berasa Rojo Lele kenapa harus pusing?

Menurut saya memasak Risotto sangat gampang dan ringkes karena kita hanya perlu memotong-motong berbagai jenis bahan, oseng sedikit, masukkan dan tunggu sampe nasi matang kemudian beres sudah hidangannya! Tambahan disini adalah mempersiapkan saus Tomato Cheese yang dengan cepat dan mudah bisa disiapkan dan juga bisa dibuat dalam porsi banyak untuk dipergunakan untuk masakan lainnya. But that’s another post altogether!

Ingredients

  • 50g Bawang bombai, potong dadu
  • 25g unsalted butter
  • 100g Beras putih (cuci sampai bersih)
  • 150g labu, kupas dan potong dadu kecil-kecil (sesuai dengan suapan anak)
  • 450ml air matang
  • Tomato Cheese Sauce

  • 3 Tomat merah matang (kira-kira 225g), dibuang kulit dan biji dalamnya, kemudian di potong dadu
  • 50g Cheddar cheese, diparut (keju kraft juga sudah cukup enak rasanya untuk membuat saus tersebut)
  • Method:

  • Lelehkan setengah dari mentega yang telah dipersiapkan dan oseng bawang bombay sampai layu. Masukkan beras dan aduk hingga rata terlumari oleh mentega dan bawang bombay.
  • Masukkan air kedalam panic, tutup dan masak selama 8 menit diatas api besar. Masukkan potongan labu setelahnya, kecilkan api dan masak sampai matang selama kurang lebih 12 menit atau hingga nasi matang. Apabila nasi masih agak keras jangan ragu untuk menambahkan sedikit air hingga matang. Hasil masakkan tersebut akan terlihat berair, jadi jangan panic apabila terlihat lebih basah dari nasi biasa.
  • Menggunakan wajan yang lain, lelehkan sisa mentega yang ada dengan menggunakan wajan ukuran kecil. Masukkan potongan tomat dan oseng selama kurang lebih 2 sampai 3 menit atau sampai layu. Masukkan parutan keju dan aduk hingga meleleh. Agar tomat dan keju menyatu, hancurkan tomat menggunakan bagian belakang sodet. Saus ini akan terlihat seperti saus keju tapi bedanya berwarna merah.
  • Hidangkan Pumpkin Risotto bersama dengan Tomato Cheese Sauce dan aduk rata sebelum memberikannya untuk anak anda.
  • Additional information:

    Suitable from 9 months onward, Suitable for freezing and makes for 4 portions.

    Tips: Masakan ini juga cocok untuk dihidangkan sebagai makanan keluarga, kalau ingin rasanya lebih bervariasi tambahkan sedikit ayam yang sudah dipotong dadu dan jamur champignon.

    Share Article

    author

    DesZeLL

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan