Pumpkin Risotto with Tomato Cheese Sauce

by: - Friday, January 8th, 2010 at 8:00 am

In: Meal Time! 23 responses

0 share

Masakan nasi tradisional dari Itali yang dinamakan Risotto banyak didapati di buku-buku masakan anak. Karena teksturnya yang creamy dan sangat watery, cara memasak nasi seperti ini sangat baik untuk memperkenalkan tekstur yang lebih kasar kepada anak selain dengan cara memasak nasi menjadi bubur dan nasi tim.

Resep ini saya dapati dari buku resep Annabel Karmel yang sudah menjadi “kitab” saya dalam memasak untuk anak saya Raysa dari sejak dia mulai makan. Sebenarnya dalam resep aslinya buah Butternut Squash Pumpkin dipakai sebagai salah satu bahan pokok. Tapi ternyata setelah saya bandingkan hasil memasak dengan Butternut Squash Pumpkin, Kabocha Jepang dan labu biasa hasilnya tidak jauh beda. Jadi daripada pusing mencari Butternut Squash Pumpkin yang mungkin hanya bisa didapati di supermarket terkemuka, lebih baik langsung saja saya tulis bahwa sah-sah saja memakai labu biasa untuk resep tersebut.

Hal yang kedua yang ingin saya garis bawahi sebelum memulai dengan susunan ingredient, bahwa dalam memasak Risotto sebaiknya jangan terlalu diambil pusing jenis beras apa yang dipakai. Memang aslinya beras-beras yang mengandung kandungan pati tinggi yang dipakai untuk memasak Risotto agar hasilnya lebih creamy seperti contohnya beras Arborio. Beras jenis Basmati juga sering dipakai sebagai pengganti beras Arborio untuk memasak Risotto. Tapi kalau dirumah adanya berasa Rojo Lele kenapa harus pusing?

Menurut saya memasak Risotto sangat gampang dan ringkes karena kita hanya perlu memotong-motong berbagai jenis bahan, oseng sedikit, masukkan dan tunggu sampe nasi matang kemudian beres sudah hidangannya! Tambahan disini adalah mempersiapkan saus Tomato Cheese yang dengan cepat dan mudah bisa disiapkan dan juga bisa dibuat dalam porsi banyak untuk dipergunakan untuk masakan lainnya. But that’s another post altogether!

Ingredients

  • 50g Bawang bombai, potong dadu
  • 25g unsalted butter
  • 100g Beras putih (cuci sampai bersih)
  • 150g labu, kupas dan potong dadu kecil-kecil (sesuai dengan suapan anak)
  • 450ml air matang

Tomato Cheese Sauce

  • 3 Tomat merah matang (kira-kira 225g), dibuang kulit dan biji dalamnya, kemudian di potong dadu
  • 50g Cheddar cheese, diparut (keju kraft juga sudah cukup enak rasanya untuk membuat saus tersebut)

Method:

  • Lelehkan setengah dari mentega yang telah dipersiapkan dan oseng bawang bombay sampai layu. Masukkan beras dan aduk hingga rata terlumari oleh mentega dan bawang bombay.
  • Masukkan air kedalam panic, tutup dan masak selama 8 menit diatas api besar. Masukkan potongan labu setelahnya, kecilkan api dan masak sampai matang selama kurang lebih 12 menit atau hingga nasi matang. Apabila nasi masih agak keras jangan ragu untuk menambahkan sedikit air hingga matang. Hasil masakkan tersebut akan terlihat berair, jadi jangan panic apabila terlihat lebih basah dari nasi biasa.
  • Menggunakan wajan yang lain, lelehkan sisa mentega yang ada dengan menggunakan wajan ukuran kecil. Masukkan potongan tomat dan oseng selama kurang lebih 2 sampai 3 menit atau sampai layu. Masukkan parutan keju dan aduk hingga meleleh. Agar tomat dan keju menyatu, hancurkan tomat menggunakan bagian belakang sodet. Saus ini akan terlihat seperti saus keju tapi bedanya berwarna merah.
  • Hidangkan Pumpkin Risotto bersama dengan Tomato Cheese Sauce dan aduk rata sebelum memberikannya untuk anak anda.

Additional information:

Suitable from 9 months onward, Suitable for freezing and makes for 4 portions.

Tips: Masakan ini juga cocok untuk dihidangkan sebagai makanan keluarga, kalau ingin rasanya lebih bervariasi tambahkan sedikit ayam yang sudah dipotong dadu dan jamur champignon.

Share this story:

Recommended for you:

23 thoughts on “Pumpkin Risotto with Tomato Cheese Sauce

  1. actually i prefer the spanish version, paella, agak lebih spicy, tapi buat anak2 kecil mungkin kurang cocok ya. in terms of ingredients, my fave is seafood! enak banget lho pake udang dan cumi potong kecil2, masukinnya terakhir2 just 2 minutes before you turn off the fire. yummmm…

  2. Amal..weekend kemaren gw udh cobain resep ini..Alhamdullilah anak2 gw pada suka..mereka cuma complain di Labu-nya aja..tapi overall mereka bisa makan dengan lahap risotto ini..

    Thanks for sharing Mal..:)

  3. mamaina semoga sukses mencoba

    lena kalo isinya seafood yang makan ibunya :) soalnya paling nikmat tuh pake kerang yum yum

    Vanda memang sih labu ini bermacam2 dan bisa agak mempengaruhi rasa juga, kebetulan kemaren gue nemu kabocha kuning, gue gak tau yah bedanya sama kabocha biasa tapi dia lebih firm dan manis. Dan butternut squash juga biasanya lebih manis lagi dari labu biasa tapi harganya lebih mahal. Mungkin bisa diakalin dengan labunya dipotong lebih kecil kalo adanya cuman labu biasa jadinya hasilnya lebih lembek. Dan biasanya rasanya agak tertutupi dengan sausnya.

  4. Pingback: lita iqtianti
  5. Pingback: cheertin
  6. Pingback: Mommies Daily
  7. Pingback: Fitriza
  8. Pingback: Ferial bint Said
  9. Pingback: Mommies Daily
  10. Pingback: Ferial bint Said
  11. Pingback: Mommies Daily
  12. Pingback: Kusuma Ningrum
  13. Pingback: Mommies Daily
  14. Pingback: Marisa Sutedja
  15. Pingback: @widyaqia
  16. Pingback: Mommies Daily

Leave a Reply