Staying Fit During Pregnancy with Prenatal Yoga

Saya sering bilang ke teman-teman yang sedang hamil bahwa jika mereka ingin mencoba menghilangkan keluhan- keluhan umum di saat hamil, seperti pinggang sakit, kaki kram, heartburn dan lain-lain, coba deh untuk melakukan yoga. Saya memang bukan guru yoga apalagi dokter, tapi saya merasakan sendiri manfaat olah tubuh ini pada saat saya hamil.

Sebetulnya saya mulainya sedikit terlambat. Saya pernah baca bahwa sebaiknya ibu hamil mulai melakukan prenatal yoga setelah trimester pertama dilalui, tentunya sesudah mendapatkan persetujuan dari dokter. Tetapi saya baru mulai pada saat kehamilan memasuki bulan ke-6. Alasannya, apalagi kalau bukan : nggak sempet, terlalu lelah, dll. Padahal buku dari kakak saya dan DVD yang saya beli sudah tergeletak di kamar sejak beberapa bulan sebelumnya. Tapi akhirnya satu hari, sayapun meletakkan cemilan dan menggeret badan besar saya dari sofa dan memulainya. After that, I couldn’t stop kicking myself for not doing it sooner!

Manfaat yang saya rasakan setelah melakukan yoga secara rutin, sekitar 2-3 kali seminggu:

  • Rasa nyeri di punggung yang biasanya tiap hari muncul, jauh berkurang
  • Kram yang biasanya menyerang kaki saya di malam hari tidak pernah kembali
  • Saya jadi jarang sakit kepala (sebelumnya lumayan sering)
  • Tidur lebih nyenyak
  • Perasaan lebih tenang dan bahagia selama kehamilan. Menurut saya ini manfaat yang terbaik karena berpengaruh ke janinnya juga kan :)
  • Badan terasa lebih bugar dan berenergi (penting untuk menghabiskan waktu berjam-jam di ITC untuk beli perlengkapan bayi! :D)
  • Saya lebih bisa fokus dalam mengerjakan pekerjaan
  • Juga lebih hati-hati dalam memilih makanan yang sehat untuk saya dan bayi – no stress or emotional eating.
  • Lebih bisa berpikir positif dan percaya diri bahwa saya bisa melakukan persalinan natural dan karena ada beberapa gerakan yang melatih otot panggul, saya juga merasa badan saya siap untuk melahirkan secara natural (walaupun ternyata saya harus melahirkan dengan operasi sesar karena gawat janin – but that’s another story :) )

Waktu itu saya melakukan prenatal yoga sendiri di rumah dengan bantuan buku I Can’t Believe It’s Yoga For Pregnancy and After dan DVD (sayangnya saya lupa judulnya dan setelah dicari-cari, sepertinya DVD tersebut tertinggal di rumah orang tua saya). Tapi sebelum melakukannya, saya membawa buku tersebut ke dokter kandungan saya dan menanyakan kepada beliau, boleh atau tidak saya jalankan. Setelah mendapatkan persetujuan, baru saya mulai. Satu lagi, saya dulu pernah belajar yoga dengan instruktur selama satu tahun lebih sehingga saya merasa bisa melakukannya sendiri di rumah dengan panduan dari buku dan DVD. Terlebih karena gerakan-gerakan di DVD yang saya punya relatif ringan dan mudah diikuti.

Tapi untuk yang belum pernah berlatih yoga sebelumnya, saya sarankan ikut kelasnya prenatal yoga ya. Berikut beberapa tempat kebugaran di Jakarta yang menyediakan kelas yoga untuk wanita hamil:

Bikram Yoga Jakarta

Jl. Kemang Raya No. 10A

Saberro House 4th Floor, Jakarta Selatan

Phone. 021-7197379

Rumah Yoga

Jl.Lamandau No.19
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Tel 021 739 3267
Jl Situbondo No 10
Tel 021 31922347
Tel 31905781

Iyengar Yoga Indonesia

Ruko Simprug Galleri 10W
Jl. Teuku Nyak Arif Jakarta 12220
(62-21) 739 6930
(62-21) 739 6904

Jl. Raya Villa Melati Mas Blok L V No. 8
Villa Melati Mas Residence, Serpong-Tangerang
(62-21) 537 3323,
(62-21) 998 59860

Oiya, berikut beberapa tips untuk para wanita hamil dalam melakukan prenatal yoga yang saya dapatkan dari buku, DVD dan beberapa situs:

– Minum air sebelum, pada saat dan setelah latihan

– Gunakan pakaian yang longgar, nyaman dan tidak terlalu ketat

– Tidak usah menggunakan alas kaki

– Hindari gerakan yang mengharuskan kita tidur terlentang dalam waktu yang lama karena posisi ini dapat menekan saraf-saraf yang mengalirkan darah dari kaki ke jantung dan dapat mengakibatkan rasa pusing, mual atau sesak napas

– Jika sebelumnya tidak terbiasa melakukan posisi-posisi yoga yang advanced (seperti head stand atau shoulder stand), sekarang bukan saatnya untuk mencoba

– Hindari posisi-posisi yang menarik otot perut terlalu keras

– Selalu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga apapun selama hamil

Stay happy and healthy, pregnant moms! :)

image birthinggrace.com


15 Comments - Write a Comment

Post Comment