Chicken Cheese Nugget

Nopai, mama dari bayi yang sangat lucu bernama Maika, mengaku (dan FDers lain bisa mengiyakan) bahwa dia sama sekali tidak bisa memasak. Tapi kita semua tau dong, bahwa setelah punya anak, ada hal-hal yang mau tidak mau harus kita pelajari. Nah sejak Maika kecil mulai makan makanan solid, Nopai pun jadi bersemangat untuk terjun ke dapur.

Resep dibawah ini saya dapatkan dari Nopai yang telah mencobanya di dapur yang sekarang sudah mulai sering 74322053dikunjungi. Chicken nugget mungkin adalah salah satu makanan yang kita dapatkan sangat gampang disiapkan karena sudah tersedia di bagian frozen food di supermarket. Tetapi apabila kita mau menyisihkan waktu sejenak untuk mempersiapkan  frozen food buatan sendiri, sebenarnya chicken nugget buatan rumah ini bisa menyelamatkan kita di waktu-waktu yang genting.

Bahan :
500 gr ayam giling
4 buah roti tawar tanpa kulit
2 buah wortel, dirajang halus
150 gr keju parut
2 butir telur
100 ml air matang [bisa diganti susu]
mentega untuk olesan

Bumbu yang dihaluskan :
4 siung bawang putih
1 sdt lada halus
garam secukupnya

Untuk memanir :
250 gr tepung roti
2 butir telur kocok

Instruksi:

  • Rendam roti dalam air matang atau susu, tapi memang rasanya lebih gurih kalau pakai susu. Supaya susu dan roti lebih gampang tercampur, sobek-sobek roti menjadi bagian kecil kemudian tekan-tekan sampe roti menjadi hancur.
  • Campur ayam giling, roti rendaman, wortel, keju, telur, serta bumbu yang dihaluskan. Sering, kalau bahan sudah tercampur jadi satu, susah untuk bumbu menyatu secara merata. Mungkin lebih enak sebelum memasukkan smua bahan, bumbu diratakan di roti rendaman baru sisa bahan yang lain dimasukkan dan diaduk sampai rata.
  • Siapkan loyang atau pinggan tahan panas ukuran 20 cm. Olesi dengan mentega.
  • Tuangkan adonan ke dalam loyang. Ratakan dan padatkan adonan supaya nantinya tidak terlalu lembek jadinya chicken nuggetnya.
  • Kukus adonan selama 20 menit, dan apabila setelah keluar dari kukusan terdapat air tiriskan airnya dan kemudian dinginkan.
  • Untuk membuat si kecil bersemangat melihat makanan, coba bentuk chicken nugget menjadi bermacam-macam bentuk yang menarik.
  • Potongan nugget kemudian bisa di celupkan ke dalam tepung roti, dilanjutkan dengan mencelupkannya kedalam kocokkan telur dan terakhir celupkan lagi ke dalam tepung roti.
  • Masukkan ke dalam freezer dan diamkan selama kurang lebih 2 jam.
  • Apabila anda tidak terlalu suka kulit yang terlalu tebal, chicken nugget yang sudah dibentuk bisa langsung dimasukkan freezer. Setiap mau dihidangkan, celupkan potongan chicken nugget kedalam kocokkan telur kemudian gulingkan ke campuran tepung yang sudah dibumbui sedikit lada.
  • Goreng chicken nugget dan hidangkan bersama saos kesukaan anak anda.

Goreng hanya sesuai ukuran makanan anak anda dan simpan sisanya di dalam container khusus makanan di dalam freezer.

Tips: apabila anda merasa bahwa chicken nugget tersebut berasa kurang padat atau kenyal, bisa tambahkan setengah sampe 1 sendok makan tepung maizena kedalam adonan.

* Sorry girls I have to cheat on the photo, since mine doesn’t look so appetizing compared to other pictures out there. But basically all nuggets, I believe looks practically the same, boxy, crispy, brown … well you get the picture right?


24 Comments - Write a Comment

  1. Eh btw Mal, ini resep juga gue dapetin dari Milis Mpasirumahan yaaaa.. bukan gue yang buat.. hehehhe.. Gue mah cuman bisa meniru, tak mungkin kreatif dalam hal memasak :)
    Tapi beneran ini gampang dan enyaaaakkk!

  2. akyu selalu sedia nugget home-made kayak gini di kulkas untuk anakku. Sayurnya kadang pake brokoli, kadang pake wortel, kadang dicampur. Daging gilingnya aku pake daging giling ayam kampung biar lebih sehat :D

  3. Kathy: bole sayurannya pake buncis dicincang atu brokoli.

    Sanetya: Jangan dulu deh ya buat 9 bulan digoreng-goreng. Tunggu at least ampe setahun. Benernya sampe tahap dikukus juga udah cukup enak koq. Jadi ga usah dikasih telur dan digoreng lagi. Coba aja sampe kukus anaknya mau gak. Kalo gak mau, ya silakan goreng buat Mamanya :)

  4. Baru nyoba hari ini. Dr 1 loyang, langsung abis setengahnya sm Langit! Pdhal masih tengah hari niiih.. Tp dia makannya ga pake nasi, hrsnya gpp ya kan ada karbo dr rotinya *pembenaran*

Post Comment