88188750

Hidung Mampet Bikin Mumet

88188750Beberapa hari yang lalu, pada saat saya sedang ke Bandung untuk pekerjaan, suami mengirimkan pesan singkat “Aluf bersin-bersin, badannya anget.” Kalau dulu, waktu dia masih berumur beberapa bulan, saya pasti panik mendengar kabar seperti itu. Tapi sejak saya lebih banyak mengetahui fakta seputar ‘penyakit-penyakit’ anak yang umum dan cara penanganannya, saya jadi tahu apa yang harus dilakukan. I know what to expect, what to do and I feel like I have a control over the situation and it makes me feel calmer.

Malam itu Aluf tidurnya agak gelisah karena hidungnya mampet. Besokannya dia masih jadi ‘anak ingusan’ walaupun temperaturnya sudah normal, ia masih tetap ceria dan makannya buanyak. Malamnya tidurnya sedikit lebih tenang. Keesokan harinya ingusnya jauh berkurang dan malam harinya napasnya sudah lancar jaya karena hidungnya tidak tersumbat lagi dan tidurnya pun tenang (ngorok malah hihihi).

Mungkin kalau dalam beberapa hari itu neneknya ada di rumah saya, dia pasti akan bertanya: “Dikasih obat apa? Kok cepet sembuhnya?” dan jawaban saya adalah: “Nggak dikasih obat apa-apa.”

Ya, ini ilmu yang saya dapat dari buku-buku, para ibu-ibu cerdas di forum Mommies Daily dan juga para dokter di nosecleanerMarkas Sehat yang sering menjelaskan ke saya ketika saya membawa Aluf imunisasi. Batuk pilek umumnya disebabkan oleh common cold virus. Walaupun si anak demam, batuk dengan suara “berat”, mengeluarkan lendir yg hijau dari hidungnya atau memuntahkan lendir, ini biasanya disebabkan oleh virus, bukan bakteria. Tidak ada obat yg terbukti efektif untuk mengatasi batuk pilek jadi sebaiknya memang tidak diberikan obat, apalagi antibiotik. Biasanya Aluf saya kasih obat penurun panas (paracetamol) kalau demam saja.

Sepanjang pengamatan saya, kalau Aluf pilek bisa ditelusuri kok dia ketularan dari siapa. Berhubung dia belum sekolah, kalau tidak dari orang rumah (saya, papanya atau embaknya) ya dari sepupu-sepupunya. Biasanya walaupun batuk pilek, mahluk mungil ini tetap pecicilan, tapi yang sering membuat dia terganggu adalah hidung mampetnya itu. Saya juga kasihan sih melihat dia tidurnya gelisah, jadi hal-hal yang saya lakukan untuk mengatasi masalah ini dan sudah terbukti manjur adalah:

  • Sering-sering membuang lendir di hidungnya. Sekarang Aluf sudah bisa disuruh ‘nyingsring’ (kata orang Jawa :D) alias membuang ingusnya sendiri, tapi dulu waktu dia masih bayi, saya sedot saja dengan menggunakan alat penyedot lendir seperti di gambar.
  • Mengoleskan balsem khusus bayi sebelum tidur. Dulu waktu bayi, dianjurkan oleh dokter merknya Transpulmin BB, sekarang setelah Aluf berusia 2 tahun, saya gunakan Vicks.
  • Membuat uap panas di dalam kamar. Saya tuangkan air panas di dalam ember kecil, letakkan di kamar (hati-hati ya jangan diletakkan di tempat yang bisa tersenggol orang) dan saya teteskan minyak angin ke ember tersebut. Ini cara efektif banget, bisa membuat Aluf hidungnya lega dan tidur tenang selama beberapa jam. Kalau airnya sudah tidak panas lagi, saya didihkan air lagi dan mengulangi step-stepnya tadi. (Kalau ngantuk ya embaknya yang saya mintain tolong :D)
  • Posisi terlentang biasanya membuat hidungnya makin tersumbat, jadi saya sering-sering mengubah posisinya jadi tengkurap atau menyamping.
  • Dulu saya sempat memakai tetes hidung seperti Breathy, tapi saya tidak merasa ini efektif karena: 1) susah banget netesin ke anak yang nggak mau diem ini 2) manjurnya cuma sebentar, tidak sampai 1 jam sudah mampet lagi hidungnya
  • Sering-sering minum air putih

Sekian tips-tips dari saya semoga berguna :D Mungkin ada yang mau nambahin?

Photos from getty images and pigeon.co.id


31 Comments - Write a Comment

  1. affi, itu penyedot ingus nya beli dimana sih??

    Kalo anak gw yang gede kalo lagi batuk pilek gw suruh rajin cuci tangan kalo habis pegang hidung supaya gak nularin adeknya. Trus biar tidurnya nyaman bantalnya gw tinggiin..

  2. sanetya

    Setuju, sebagai orangtua emang harus menerapkan RUM (rational use of drugs). Ga sedikit2 obat..kasian lah badan anak apalagi untuk sakit flu yg memang obatnya hanya istirahat. Kemarin pas Igo batuk berdahak juga DSA hanya menyarankan banyak minum air putih dan persering konsumsi buah. Obat seperti NIPE, Mucopect boleh ada di rumah dan diberikan kalau kondisinya udah ‘payah’ misalnya dahak benar2 memenuhi paru2 sehingga sesak napas dan sulit dikeluarkan.

  3. affi

    Mamaina,
    Itu di toko2 perlengkapan bayi ada kok, gue waktu itu kl gak salah belinya di Suzana Klp gading. Tp yg ada selangnya itu ya (yg di dalem kotak plastik) yg gue punya, lebih gampang makenya drpd yang ada bulb karetnya.

    Oiya cuci tangan penting tuh, untuk pencegahan juga ya, secara anak2 kl pergi2 semua mau dipegang huhuhu

    sanetya,
    Iya, emang mesti banyak2 baca sih supaya kl anak sakit gak gampang panik dan ngasih obat macem-macem..

  4. inhalasi ala rumahan, alias uap minyak kayu putih.
    tuang air panas mendidih ke dalam mangkok, dikit aja.. trus tetesin minyak kayu putih kira-kira 2 drops. bikin lega :)

    kalo zara udah tidur, biasanya gue olesin hidungnya pake minyak kayu putih :p tidurnya jadi lebih nyenyak :)

  5. affi

    Uthe, hehehe sama dong yah tipsnya kita? :D Kalo gue gak pake minyak kayu putih krn kurang ‘melegakan’ buat Aluf. Jadi pakenya minyak angin yg cap kampak itu..tp gue gak berani pakein itu ke kulitnya dia sih krn panas banget!

  6. Wah pas banget ni, anak gw umur 2bln jg baru kena pilek..ketularan sepupunya n bokap gw.
    Badannya jg anget. Untuk lendirnya gw jg pake penyedot alat pigeon yg kuning itu, tp kalo lendirnya udah keliatan di lubang idungnya.
    Kalo belum ehem..gw sedot manual pake mulut dulu :p..mungkin jorok bagi sebagian orang ya, tp menurut gw bs lebih berhasil trus anak gw jg ga nangis2 kaya kalo waktu disedot pake alat itu.
    Sekarang sih abi masih pilek n anget tp karena nyusunya tetep kuat gw berusaha tenang aja n tetep nyusuin terus, kebetulan gw masih ASI full.
    Mungkin tipsnya jg kalo buat yg masih ASIX dipersering n perbanyak aja ya mimiknya, soalnya ASI kan merupakan obat imun terbaik buat bayi..:)

  7. Alat penyedot hidung udah jadi barang wajib punya di rumah gue. Dan emang manjur banget kalau Kee (1 tahun 7 bulan) pilek. Dulu waktu baru-baru pilek, Kee suka marah-marah kalau hidungnya dimasukin si penyedot pilek ini. Tapi (mungkin) karena udah merasakan manfaatnya, dia jadi pasrah aja kalau gue udah bilang “Ingusnya mama sedot dulu ya, sayang…”. :D Dan sekarang kakaknya Moonse (6 tahun) pun udah pinter menggunakan barang ini. Kalau gue lagi nggak sempet, gue udah bisa minta tolong Kakak untuk nyedot ingus adiknya.

    Kalau Moonsy sih udah bisa disuruh buang ingus sendiri.

    Dan menggosok dada + punggung dengan Vicks juga manjur. Kalau di rumah gue, biasanya pakai Minyak Telon. Vicks malah suka bikin Kee bersin-bersin. :D Saking manjurnya cara ini, Kee udah bisa ngasih Minyak Telon sendiri ke gue kalau badannya berasa nggak enak. :D

  8. haisz, dah sampe sini pun lu sanetya? :D

    affi, kalo pengen rada praktis, baskom air panasnya diganti teko air panas. tapi itu tetep kudu ada yg jagain supaya ga keabisan air, malah bahaya :p
    tapi lumayan kok, at least jagain klo udah mendidih, cabut steker aja. tar dah dingin tancep lagi.
    kalo mo lebih praktis lagi, pake teko listrik yg ada saklar otomatisnya itu.

  9. affi

    Dina
    Oh iya, bener banget! Gue kok sampe lupa masukin tips banyak2in minum ASI (kalo masih menyusui). Gue perhatiin jg dulu Aluf walaupun idungnya mampet, kl nyusu langsung lancar loh nafasnya. Thanks ya :)

    Sunny
    Wah sama banget, Aluf dulu berontaknya heboh bgt tiap kali mau disedot pake alat itu. Baru liat gue atau bapaknya bawa2 kotaknya aja dia udah nangis histeris hihihi untung sekarang udah bisa buang ingus sendiri..

    Kee lucu bgt sih pake minyak telon sendiri!

    Kirana,
    Ooh maksudnya pake teko listrik ya? Tp kan lubang asapnya kecil nek? Cukup dahsyat ya uapnya? :D

  10. Iya. Untung dari hamil udah rajin mangkal di milis sama baca buku Bunda Wati. Untungnya DSA anak gw juga RUM. Jadi ndak apa-apa maen kasih obat. Sama kayak Sanetya. Ditekankan kalo ngasih obat kalo emang dah benar-benar parah.
    Kalo pilek, cuma dibalurin balsem transpulmin BB. Kalo batuk, diperbanyak minum air hangat *kalo udah MASI*. Terus baru baca di milis gizi bayi balita juga bahwa sebaiknya pada saat bangun tidur langsung dikasih juice buah.

  11. Hanzky

    Gue biasanya tambahin the flu soup juga fi. Yaitu sop ayam panas (hangat) biasa yang dipakein banyak lada dan bawang putih. Semua yang ada di sop itu bagus untuk nyembuhin flu, dari kaldunya, garamnya untuk maintain energy level sama melegakan hidung juga.

  12. mbak,

    anakku (1 bln) lg batuk pilek, so far sih aku cuman kasih ASI, baluran transpulmin bb dan sedot ingusnya pake penyedot itu kl meler. kemarin pas ke dokternya (waktunya imunisasi) dikasih decongestan oral drop, katanya kalo grok-grok (bunyi napasnya) baru dikasi 0,3 ml. tapi sampe skrg blm aku kasih, masih yakin dengan ASI aja dia bisa sembuh kok cuman butuh waktu aja. lagipula aku takut ngasih obat2an ke bayiku.
    semua cara udah dilakuin tuh sampe uap panas minyak kayu putih, tapi masih tetep pilek, tadi pagi aku sedot idungnya malah keluar darah juga. jadi takut nyedot lagi sekarang..

  13. semalam anakku hidungnya mampet,tidurnya gelisah,seperti yang dialami oleh anak – anak yang terserang flu lainnya. usianya 1 tahun seminggu lagi.bila anakku bersin,itulah anugerah yang paling indah rasanya.keluarlah ingus penyebab hidung mampetnya.jadi saya usahakan untuk menciptakan bau – bauan yang merangsang anakku bersin selain kita usahakan dengan mengolesi minyak kayu putih ataupun transpulmin atau viks.

  14. Anakku Ariq (2 bulan 10 hari) ketularan batuk pilek dari kakaknya (5 tahun)..Sedih banget, rasanya aku pengen gantiin, biar aku aja deh yang sakit :( Tapi aku gak mau sembarangan ngasih obat. Dua hari lalu sempat agak panas, trus aku kasih parasetamol aja sesuai dosis, itupun cuma sekali. Lain dari itu cuma kukasih ASI aja. Alhamdulillah aku kerja di rumah (translate), jadi bisa sering2 kasih ASI buat Ariq. Sekarang batuknya mulai agak ‘kendor’ dan ingusnya juga udah lebih mudah keluar. Memang ya, buat bayi, ASI is the best.. Oya, kayanya yang ikut membantu juga bundanya sering-sering minum air putih hangat dan banyak makan sayur dan buah, supaya ASI tetap lancar dan banyak.

  15. Wah sharingnya berguna sekali mba Affi.. juga mommies yang lain..bisa jadi pelajaran berharga buatku kelak kalo punya baby.. oya, untuk menggantikan “uap panas” sekarang sudah ada HERBAL PILLOW..Kemaren dapet kiriman dari temen di Surabaya.. jadi ini bantal yang diisi bermacam macam herbal plus minyak atsiri lemon+cengkeh+menthol.. penggunaannya fleksibel, kalo pegel pegel, tinggal ditempel di area yang pegel, sakit perut ditempel diperut dsb.. kemaren aku taro dikamar gitu, aromanya sungguh melegakan..

  16. uthe : sama aku jg kalo ibnu tidur pas pilek aku olesin telon biar dia tambah tenang tidurnya

    biar lebih enak aku olesin ke dada dan punggungnya vicks baby rub sebelum tidur

    berhubung aku pengguna lampe berger aku biasanya bakar eucalyptus pas si ibnu pilek..lgs deh tuh meler..aku buang lendirnya..dia blm bisa nyingsring sihh cm ud tau klo meler lgs ngelap sendiri hihihi

Post Comment