Tiara’s School; Shichida Child Education Center Indonesia

tiara03

Untuk Rani (Mamanya Tiara), tidak ada kata terlalu awal untuk sekolah. Walaupun baru berumur 19 bulan namun jam terbang Tiara di dunia sekolah sudah tidak perlu diragukan lagi. Berikut cerita dan review sekilas tentang salah satu sekolah yang sedang dijalani.

Jadi Ran, bagaimana sih konsep sekolah Shichida ini?

Gue suka sekolah ini because it’s different and  unique. Shichida adalah satu-satunya skolah yang berkonsentrasi pada right brain education. Kalau pendidikan tradisional kan lebih ke left brain tuh Han. Jadi kalau di formal school Tiara dapat left brain education trus di shichida dapat right brain education, jadi balance antara otak kanan dan kirinya.

tiara01

Oh begitu Ran. Selama sekolah disini  Tiara sudah belajar apa saja nih?

Tiara udah belajar dengan flash card, photographic memory, perfect pitch music and superb intuition. Banyak skill baru yang didapat dari sekolahnya. Tiara juga jadi lebih bisa konsentrasi, trus cepet nangkep. Tiara belajar juga colors, numbers, abc’s, doremi. Trus ada nyanyinya juga dengan menggunakan flashcard.

Jadwal sekolahnya dan program-programnya bagaimana Ran?

Jadwalnya seminggu sekali, durasinya 1 jam. Satu termnya ada 10 minggu. Term terakhir  sih Tiara ambil 2 kali seminggu. Tapi mulai Januari nanti seminggu sekali aja. Sekolah ini punya program untuk anak umur 1 – 6 tahun. Bahasa pengantarnya English dan Japanese. Tiara ambil yang English.

Oh iya, di Shichida tempo metode pengajarannya cepet, utk memaksimalkan satu jam ini. Tapi emang bagusnya hanya 1 jam, kalo lebih anaknya ga bakal tahan deh untuk konsentrasi. Setiap abis sekolah pasti Tiara bobok nyenyak. Capek kali yah mikir keras :D . Tapi itu jadi membuktikan kalo ada efeknya dari pembelajaran 1 jam tersebut.

Sebenernya Shichida ini bukan sekolah formal yah Han, lebih seperti les tambahan. Untuk Tiara, Shichida jadi fondasinya sebelum dia memulai sekolah yang sesungguhnya. Hopefully by the time nanti Tiara masuk playgroup, dia udah selangkah lebih maju. Harapan gw sih gitu Han. Gw planningnya Tiara tetep skolah di Shichida sampe umur 6 tahun.

tiara02
Tiara and Father

Murid yang masih kecil di Shichida boleh ditemenin orang tuanya. Tapi benar-benar salah satu dari orang tua. Tidak boleh sama nannynya. Dalam satu kelas biasanya ada 4 – 6 anak dengan satu guru. Untuk fasilitas sih ga ada yang istimewa karena ini bener-bener sekolah yang serius, bukan playgroup. Jadi Tiara musti duduk manis di kursi selama sejam. Kalo abis kelas anak-anaknya dikasih jus kotak or susu kotak.

Berhubung cuma seminggu sekali, Shichida menganjurkan dan mengharapkan kita juga melakukannya di rumah. Minimal melakukan flash card setiap hari.

Salah satu pertanyaan yang paling penting nih. Biaya sekolahnya berapa Ran?

Tuition feenya USD 350 per term untuk kelas weekdays, USD 450  per term untuk kelas weekend.

Jadi recommended ya Shichida ini?

Banget. So far sih belum ada komplen terhadap sekolah ini. Tiara sekolah di Shichida sejak umur 11 bulan (now she’s 19 mos) dan selalu senang disana, jarang cranky :D. Selain itu juga karena banyak kebisaan yang didapet setelah bersekolah disitu.

tiara04
Bersama teman sekelas :)

16 Comments - Write a Comment

  1. Sekarang sichida bayarannya pake Rupiah.. Rp. 4.500.000 per 10 kali pertemuan, satu minggu sekali, setiap pertemuan satu jam..

    Disini bisa beli blank card untuk stimulasi flash card dirmh, jd bisa isi sendiri flash cardnya mau gambar apa.. Rp. 50.000 per 50 biji.

Post Comment