Easing Your Kids Constipation Problem

42-21242193Sembelit ternyata bukan masalah yang hanya dihadapi oleh orang dewasa. Ternyata si kecilpun dapan menghadapi gangguan untuk kebelakang. Untuk anak yang lebih dewasa mungkin masalah tersebut dapat lebih mudah dihadapi, karena sang anak sudah bisa memakan berbagai macam makanan. Tetapi untuk anak bayi yang baru memulai belajar makan, apa yang dapat kita lakukan untuk membantunya memperlancar masalah setor yang sebenarnya wajib ini?

Masalah sembelit lebih banyak dihadapi oleh anak yang sudah tidak ASI eksklusif lagi, dikarenakan ASI lebih mudah dicerna oleh bayi. Ibu yang masih menyusui bayinya dapat dengan mudah membantu permasalahan sembelit anak dengan memakan makanan yang dapat memperlancar kebelakang. Biasanya sayur dan buah yang mengandung banyak serat memenuhi sarat tersebut.

Sebagai orang Indonesia, pasti tidak asing lagi bahwa memakan pepaya dapat membantu permasalah sembelit. Tetapi yang saya dapati dengan Raysa sewaktu ia mengalami masalah sembelit disaat berumur 6 bulan, bau dari jus buah pepaya cukup membuatnya mual dan akhirnya dia menolak mentah-mentah minuman tersebut. Hal ini membuat saya berpikir, kalau diluar negri yang pepaya bukan buah yang lazim, buah apa yang mereka makan kalau sedang mengalami permasalahan ini?

Ternyata melon merah (Cantaloupe or Rock Melon) merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dimakan pada saat menghadapi masalah sembelit. Selain baunya yang sangat wangi dan rasanya yang sangat manis, warnanyapun sangat menggugah selera. Air yang didapat dari buah tersebutpun sangat banyak, jadi sangat mudah untuk sang anak meminum jus buah melon merah tersebut. Dengan mudah masalah sembelit Raysa terpecahkan pada saat itu juga.

Memakan yoghurt dengan teratur juga dapat memperlancar BAB pada anak. Mulai dari umur 7 bulan perkenalkanlah anak dengan yoghurt.

*Image is the courtesy of pro.corbis.com


9 Comments - Write a Comment

  1. saya sih belom jadi mom nih, nikah juga belom :D
    mau share aja, dulu waktu saya bayi dan tinggal di Amerika, kalo sembelit kata Ibu saya dikasih makan buah prune *yang mana setelah pulang ke Indonesia ga pernah saya makan lagi hehe*

  2. Shanti, thanks for the info. Emang gue baca sih dibuku prune bisa mengatasi masalah sembelit. Tapi gak gue include soalnya di indo juga adanya cuman yang dried prune. Harusnya dimasukkin ajah yah biar orang tau :)

    Nah pertanyaan gue rasanya kayak gimana tuh? Enak gak?

  3. Dried prune juga berfungsi kok buat sembelit, mal. gw suka makan mixed dried fruits (yg didalemnya ada prune juga) kalo sembelit hehehe (sering bok sembelit :D). tp emang bener bahwa prune yg plg tokcer utk sembelit, fresh atopun dried.

  4. anakku (7mo) jg pernah mengalami sembelit, karena dia terlalu sering makan solid dan kekurangan cairan. Dia kurang suka makanan yg terlalu lembek, jadi bubur buah pun agak sulit makannya, mulutnya langsung mingkem. Lalu kata dokter di suruh banyak minum air putih. dan setelah 6 hari ngga poop, langsung keluar. jadi minum air putih yg banyak yaah…

    btw Ne*stl* cerelac Gold ada yang rasa “Oats dan Prunes” lho…

  5. Gue pernah baca buah2an yang bisa mengatasi sembelit itu adalah 4 Ps : Prunes, Peaches, Plums and Pears. Mungkin kalo di Indonesia mesti ditambahin 1 P lagi : Papaya! Buktinya burung Beo jarang yg sembelit kan? :D

  6. Purplerebel & Affi, gue jadi penasaran nih prune rasanya kayak apa. BTW fi masa katanya kacang panjang juga bisa loh buat sembelit. Emang ngaruh yah? Lo bawa2 beo pula dimari ya…

    Atiailsa, memang banyak cairan juga bisa membantu. Dan kalo masih ASI tinggal ibunya banyak2 makan pepaya ajah :)

Post Comment